Skip to content

7 Tips Sukses Menyusui

February 13, 2013

beyonceblueivy

Menyusui merupakan sebuah komitmen bagi seorang ibu yang baru saja melahirkan buah hatinya, tidak sulit dan tidak repot. Hanya butuh waktu beberapa menit untuk mempompanya atau langsung menyusui sang bayi. Upaya ini sangat berharga bagi ibu dan bayinya dengan demikian banyak sekali manfaat yang akan dihasilkan oleh kedua belah pihak tersebut. Agar komitmen ini tetap terjaga dan terlaksana olala akan memberikan tips-tipsnya.

1. Bersantai

 Setelah melahirkan kerap sekali seorang ibu merasakan lelah dan stress menyelimuti. Faktor stress ini muncul karena sebuah fikirian yang   menyelimuti keseharian ibu menyusui bisa berupa ASI yang ditunggu-tunggu belum keluar atau mendengar tangisan bayi yang tak kunjung berhenti. Dengan begini ibu harus tetap santai dalam menghadapi bayi dan keadaan karena stres dapat menghambat kemampuan alami dalam melepaskan ASI. Tenangkan semua fikiran, fokuskan pada bayi seorang berusahalah terus untuk menyusui. Usahakan ruangan dalam kondisi tenang dan pasanglah musik lembut agar anda tetap tenang sambil membelai atau memperhatikan wajah mungilnya.

2. Sering menyusui 

Tahukah ibu? bahwa semakin sering kita menyusui  akan semakin banyak produksi ASI yang dihasilkan karena setelah ASI diambil oleh sang bayi maka payudara kita akan terisi kembali oleh ASI.  Jangan pernah takut kehabisan ASI jika ibu takut atau merasa kehabisan ASI dengan tidak menyusui bayi maka produksi ASI dalam payudara pun akan terhenti. Untuk menormalkan keadaan ini ibu harus lebih sering menyusui kembali agar produksi ASI mengalir kembali seperti sedia kala.

3. Sering memompa

Memompa sama halnya seperti menyusui, produksi ASI akan terus melimpah jika ibu rajin untuk memompanya. Kegiatan memompa ini biasanya dilakukan oleh seorang ibu yang bekerja  di luar rumah. Setelah cuti melahirkan ibu akan kembali bekerja seperti semula dengan menambah kegiatan memompa ASI, luangkan waktu setiap 10-15 menit untuk memompa jangan lupa untuk meminta izin kepada atasan anda. Dan jangan pernah abaikan manajemen ASI mulailah untuk berkomitmen memompa ASI.

4. Hindarkan menyusui dengan rumus

Jika ibu sudah berkomitmen untuk memberikan ASI kepada bayinya jangan pernah memberinya susu formula, karena memberikan susu formula akan mengurangi jumlah produksi ASI ibu. Tetaplah menyusui hingga bayi kenyang dan tertidur bila perlu setiap bayi menangis berikan ia ASI jangan menggunakan rumus perdua jam sekali waktunya bayi minum ASI. Memberikan ASI saat bayi meminta akan jauh lebih baik dibanding memberikan ASI setiap dua jam sekali. Berdasarkan penelitian semakin sering ibu memberikan ASI akan membantu pertumbuhan IQnya kelak. Teruslah menyusui.

5. Minumlah banyak cairan

Minum memang sangat membantu ibu yang menyusui terhindar dari dehidrasi terutama minum air putih sebanyak-banyaknya. Selain air putih jus buah juga bisa sebagai tambahan agar ibu tetap sehat,bugar dan kandungan vitamin, mineral dan zat-zat dalam buah bisa dirasakan oleh sang buah hati. Selama ibu menyusui hindarkan untuk minum yang mengandung kafein terutama kopi dan cola karena kadar kafein bisa menyebabkan iritasi dan mengganggu tidur bayi. Jika anda lupa telah minum kopi maka hindarkan menyusui dua jam setelahnya, pompalah ASI dan buang agar ASI tetap berproduksi.

6. Tidak merokok

Mendengar kata merokok saja sudah tidak baik untuk kesehatan bagi wanita terutama ibu menyusui. Karena merokok dapan mengurangi pasokan air susu selain itu akan mengubah rasa dalam ASI dan mengganggu tidur bayi. Asap rokok juga meningkatkan sindrom kematian bayi mendadak (SIDS), asma pada anak, bronkitis, pneumonia dan infeksi telinga tengah (otitis media). Jadi larangan keras merokok memang sangat merugikan bagi siapapun.

7. Makanan sehat

Makanlah makanan yang sehat, bergizi, bervitamin dan banyak mengandung mineral sangat membatu memperlancar ASI Seperti sayur mayur, buah kacang-kacangan dan lain sebagainya. Dan hindarkan penggunaan pil KB karena pil tersebut mengandung estrogen yang dapat mengganggu produksi ASI. Carilah alat kontrasepsi yang aman.

From → Ibu, Menyusui

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: