Skip to content
Tags

Puree

February 1, 2013
Pure

Pure yang siap di sajikan

Puree adalah makanan yang dilembutkan dengan menggunakan blender, dilumat atau disaring, pure biasanya terbuat dari makanan yang alami seperti buah, sayuran, beras, ubi dan lain sebaginya  disajikan untuk bayi yang sudah siap makan. Usia bayi siap untuk makan 6-12 bulan sebagai makanan pendamping ASI (MPASI). Teksture pure haruslah lembut, cair, kental sesuai kebutuhan bayi agar makanan tersebut bisa dicerna oleh bayi yang memang belum berkembang sempurna pencernaannya.

Seiring berjalannya waktu pure ini akan bertahap bisa dibuat kental sesuai usia bayi. Pure ini bisa dibuat menjadi 3 bagian yaitu:

  • usia bayi 6-7 bulan tekstur pure encer 
  • usia bayi 7-9 bulan tekstur pure agak sedikit mengental hingga kental
  • usia bayi 9-12 bulan tekstur pure kental dan bisa juga berupa bubur tim cenderung kasar

Tujuan pemberian pure ini memperkenalkan rasa dan makanan yang bervariasi kepada bayi dan sebaiknya  memberikan pure tidak melebihi dari dua jenis bahan makanan. Perkenalkanlah mereka dari satu persatu bahan makanan agar mereka bisa mengenali rasa kemudian berikan dua rasa yang berbeda yang telah dicampur. Setelah usia 9 bulan kombinasikanlah dengan makanan yang berbeda seperti beras, sayuran dan lauknya.

Berikan cita rasa yang berbeda-beda setiap hari agar memori si kecil semakin kaya akan rasa dan tekstur. Berikut jenis makanan untuk diperkenalkan kepada si mungil.

Salah Satu bahan dasar pure

Salah Satu bahan dasar pure

Serealia, bahan makanan ini biasanya mengandung karbohidrat berupa beras, beras merah, jagung kacang hijau pengolahannya ada yang dihaluskan terlebih dahulu hingga menjadi tepung atau dimasak hingga menjadi bubur yang kemudian dihaluskan. Jika ibu yang bekerja ingin membuat tepung yang terbuat dari beras, buatlah dalam jumlah tidak terlalu banyak agar kondisi tepung tersebut tetap segar dan tidak berjamur.

Sayuran, yang banyak mengandung vitamin dan mineral biasanya sayuran yang berwarna hijau dan merah seperti brokoli, bayam, buncis, wortel. Sayuran bisa pula yang berbentuk umbi seperti kentang. Pilihlah sayuran yang tidak banyak mengandung gas seperti kol karena bisa menyebabkan perut bayi kembung. Sajikan sayuran yang dikukus terlebih dahulu dan dihaluskan dengan blender agar mudah dicerna oleh bayi. Jangan lupa untuk mencuci bersih semua sayuran yang akan diolah agar terhindar dari kuman yang berbahaya.

Buah, Untuk memperkenalkan rasa buah sebaiknya memberikan yang mudah dicerna dan dimakan oleh bayi seperti avokad dan pisang. Ada pula buah yang harus diolah dulu dengan mengukusnya seperti apel, pear agar teksturnya lembut dan dibender  terlebih dahulu tentunya. Cara mengukusnya membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit. Jangan lupa semua jenis buah baik yang akan dimakan langsung atau diolah terlebih dahulu haruslah dicuci terlebih dahulu. Untuk buah seperti jeruk sebaiknya diperas terlebih dahulu sebelum disajikan dalam bentuk cair setelah diperas. Jangan pernah menambahkan makanan dengan gula atau pemanis  pada karena sudah cukup puas dengan rasa manis alami.

Daging dan ikan, pilihlah daging yang sedikit mengandung lemak dan daging ayam tanpa kulit. Memberikan protein jenis ini haruslah dalam keadaan matang. daging dan ikan bisa diolah berupa kaldu sedangkan daging ayam bisa direbus tanpa kulit dan tulang kemudian dihaluskan dengan blender bisa pula diberikan dalam bentuk potongan-potongan memanjang sebagai cemilan bayi. Jangan memberikan produk olahan pada bayi berupa sosis atau bakso karena makanan tersebut banyak mengandung garam, bahan pewarna dan bahan-bahan kimia lainnya yang bisa membahayakan kesehatan bayi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: