Skip to content

Memerah, Menyimpan, Menggunakan ASIP

January 22, 2013

Perah-ASI1Bahagia jika ibu bisa memberikan ASI secara langsung pada buah hatinya terlebih hingga ibu tetap bisa memberikannya saat bekerja. Memang tidak akan pernah ada yang bisa menggantikan posisi ASI di muka bumi ini, sekalipun itu adalah susu formula. Bagi ibu yang masih bersama buah hatinya selama cuti tiga bulan melahirkan, gunakanlah waktu tersebut untuk memerah ASI sebagai tabungan buah hati ibu saat bekerja nanti.  Berikut beberapa cara menyimpan ASI yang aman diberikan untuk bayi sesuai anjuran dari The Academy of Nutrition and Dietetics:

Memerah ASI

  1.  Cucilah tangan sebelum memulai aktivitas memerah dengan menggunakan sabun dan keringkan
  2.  Sterilkan peralatan pompa terlebih dahulu sebelum digunakan terutama jika menggunakan breast pump, bersihkan segera alat tersebut setelah          digunakan agar sisa ASI tidak menempel dan mengering dan mudah untuk dibersihkan.
  3. Pilihlah tempat yang nyaman dan aman untuk memerah ASI
  4. Bersihkan puting payudara dengan kapas dan air hangat agar tidak ada yang menempel pada puting payudara.
  5. Bila perlu kompreslah payudara dengan air hangat selama 2-10 menit agar ASI keluar dengan lancar.
  6. Letakkan foto bayi anda di depan atau dekat anda, bayangkan kegiatan yang menyenangkan bersama bayi anda agar tetap rileks dan mulailah memerah
  7. Setelah selesai bersihkan puting payudara dengan kapas dan baby oil agar kotoran tidak ada yang menempel kemudian bilas dengan air hangat. Karena kebersihan sangat penting dalam memerah ASI.
  8. Gunakan management ASIP agar pemerahan ASI tetap stabil.
Berikan lebel hari, tanggal, dan waktu agar bisa mengetahui waktu kadaluarsa ASIP

Berikan lebel hari, tanggal, dan waktu agar bisa mengetahui waktu kadaluarsa ASIP

Penyimpanan ASIP dalam botol

  1. Simpanlah ASIP pada botol kaca. Jangan gunakan botol yang bergambar sebab dikhawatirkan cat yang digunakan dalam botol akan luntur. Dan jangan pula menggunakan botol plastik sebab botol plastik akan berbahaya bila digunakan pada suhu yang dingin, beku dan panas.
  2. Berilah waku,tanggal dan jam setelah selesai memerah pada botol ASIP, ini bertujuan agar kita bisa mengetahui waktu terlama sebelum digunakan.
  3. Simpan ASIP dalam botol dan tutup dengan rapat.
  4. Usahakan jangan mencampur ASIP hasil perahan sebelumnya dengan ASIP baru sebab dikhawatirkan ASIP memiliki suhu yang berbeda dan jika tutupnya dibuka kembali akan terditeksi udara.

Ketahan ASIP 

ASI yang telah diperah memiliki waktu kadaluarsa sama seperti makanan dan minuman lainnya akan tetapi ketahanan ASI lebih konkrit sebab ASI hanya digunakan untuk bayi. berikut waktu yang dianjurkan dalam penyimpanan ASIP.

  1. ASIP akan bertahan dalam suhu ruangan 4 jam dengan kondisi ruangan yang tidak berAC dan bila suhu ruangan berAC ASIP akan bertahan hingga 6 jam akan tetapi waktu yang disarankan adalah 4 jam.
  2. Jika disimpan dalam refrigerator atau kulkas bagian bawah ASIP akan bertahan 2×24 (2 hari) jam jika kondisi rak tidak berbau dan tidak tercampur oleh makanan. Dianjurkan agar kulkas selalu bersih dan tidak berbau bila perlu gunakan kulkas khusus ASIP
  3. Simpanlah ASIP pada freezer jika dalam jangka waktu lama akan digunakan sebab ASIP akan bertahan hingga 6 bulan dalam kondisi freezer yang bersih khusus untuk ASIP, namun waktu yang baik dalam menyimpan ASIP adalah 3 bulan. Gunakan suhu yang tetap dalam freezer agar kondisi ASIP tidak berubah.

menyimpan ASIP dalam refrigerator / kulkas bagian bawah sebelum disimpan dalam freezer

menyimpan ASIP dalam refrigerator / kulkas bagian bawah sebelum disimpan dalam freezer

Cara menyimpan ASIP

  1. Setelah membaca poin-poin Penyimpanan ASIP dalam botol, barulah ASIP bisa disimpan dalam kulkas. Ada baiknya ASIP disimpan dalam refrigerator atau kulkas bagian bawah selama 5 jam terlebih dahulu ini bertujuan agar kondisi ASIP tidak kaget dan harus didinginkan dalam refrigerator dahulu.
  2. Setelah 5 jam ASIP bisa dipindahkan dalam freezer selama 3-6 bulan.
  3. Jangan pernah mengganti suhu freezer karena akan mempenggaruhui kondisi ASIP.
  4. Buat ibu yang berada di kantor ASIP sebaiknya disimpan dalam refrigerator terlebih dahulu setelah jam pulang kerja ASIP bisa disimpan dalam cooler bag yang dilengkapi ice gel.

Cara menggunakan ASIP

  1. Pilihlah ASIP yang memiliki label dengan tanggal dan waktu terlama pemerahan
  2. Keluarkan ASIP dalam freezer dan simpanlah pada kulkas bagian bawah atau refrigerator selama 10-12 jam sebelum tidur dan keluarkan ASIP setelah anda bangun tidur.
  3. ASIP yang dipindahkan ke refrigerator biasanya sudah mencair dan netralkan suhu ASIP ini disuhu terbuka atau rendam dengan air.
  4. Setelah kondisi ASIP netral, ASIp bisa direndam dengan menggunanakn air hangat (tetap dengan botol kaca penyimpanan) dalam panci atau baskom dengan suhu 40-60 derajat harus dengan pengawasan agar ASIP tidak rusak atau protein ASIP tidak pecah dan terpisah. Jangan menggunakan microwive atau air mendidih.
  5. Setelah hangat tuangkan ASIP dari botol kaca pada botol susu beserta dotnya kemudian tutup dan sajikan saat ASIP hangat-hangat kuku.
  6. Jangan simpan kembali ASIP yang telah dihangatkan ke dalam kulkas dan jangan simpan sisa ASIP yang telah diberikan ke dalam kulkas karena banyak mengandung bakteri.
  7. Berikan ASIP yang telah dihangatkan maksimal 8 jam selebihnya tidak dianjurkan untuk diberikan kepada bayi.

Semoga bermanfaat..

From → ASI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: