Skip to content

MANAGEMENT ASIP

January 11, 2013

ASI merupakan makanan yang terbaik bagi bayi dan terbaik bagi seorang ibu bahkan untuk seorang ayah. Sebab ASI merupakan asupan yang sangat baik untuk perkembangan, kesehatan bahkan kecerdasan bayi. Sedangkan untuk ibu bisa memulihkan berat badan kembali dengan menyusui dan tidak perlu banyak mengeluarkan uang untuk fitnes dan membeli susu formula.

Seorang ibu sangat menginginkan bayinya tumbuh sehat dan cerdas dengan memberikan ASI exlusif selama enam bulan jika berhasil. Untuk mencapai keberhasilan itu seorang ibu harus memiliki management ASIP bagi yang bekerja atau yang memiliki aktifitas di luar rumah. Tujuannya adalah agar ASI yang kita produksi tetap berproduksi pula dengan cara memerahnya sebab jika kita berhenti memerahnya maka akan menghasilkan ASI yang sedikit. Jadi memerah pun memiliki management agar terencana dan tetap stabil.

IMG00645-20130110-1455

Agar tetap memiliki ASI yang baik dalam jumlah yang banyak maka pola makanpun harus teratur dan bergizi dan banyak mengandung mineral contohnya sayur mayur dan buah-buahan, selain itu asupan air putih pun sangat penting minimal 2 liter atau delapan gelas perhari. Sebelum memulai memerah usahakan untuk minum air putih terlebih dahulu agar tidak terjadi dehidrasi. Berikut management ASIP

  1. 05.00 – 06.00 WIB Memulailah memerah ASI saat bangun tidur sebab kapasitas ASI masih   penuh setelah delapan jam atau lebih kita tidur.
  2. 09.00 -10.00 WIB Saat Ibu sampai di kantor atau setelah rehat sebab produksi ASI penuh kembali setelah sarapan pagi.
  3. 12.00 -13.00 WIB Setelah makan siang ASI akan kembali produksi.
  4. 16.30 – 17.00 WIB Waktu pulang bekerja memang berbeda-beda tapi tetap usahakan agar memerah sebelum pulang kantor agar payudara tidak bengkak dalam perjalan menuju rumah.
  5. 19.00 – 20.00 WIB Bila perlu perah kembali ASI setelah pulang kerja.

Simpanlah ASIP tersebut pada kulkas bagian refrigator terlebih dahulu jika di tempat kerja anda menyediakannya. Jika akan pulang maka bawalah ASIP tersebut di dalam cooler bag yang dilengkapi ice gel agar kondisi ASIP tetap stabil. Setelah sampai rumah pindahkan ASIP pada freeser, ASIP ini akan bertahan hingga enam bulan akan tetapi waktu yang disarankan adalah tiga bulan. Semoga bermanfaat.

From → ASI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: