Skip to content

ASI PUN MENGANDUNG BAKTERI “BAIK”

January 10, 2013

Gambar

Menurut penelitian para ilmuwan yang dimuat dalam Journal of Clinical Nutrition menemukan 700 varietas bakteri yang terkandung dalam ASI. Salah satunya bakteri dalam kolostrum yang ada pada tetesan awal ASI diantaranya adalah bakteri Weissella, LeuconostocStaphylococcus, Streptococcus dan Lactococcus. Bakteri-bakteri ini sangatlah penting untuk pencernaan bayi. Tujuannya membantu mencernakan nutrisi yang terkandung dalam ASI agar bayi lebih mudah mencernanya. ini bisa terlihat saat bayi buang air besar, kotorannya terlihat seperti bubur dan cair, bayi pun akan mudah mengeluarkan kotoran-kotoran tersebut karena adanya beberapa bakteri “baik” tadi.

“Bakteri dalam ASI itu penting yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh, seperti menurunkan risiko alergi, asma dan penyakit autoimun,” tulis peneliti, dilansir dari Medical Daily. Dan seiring berjalannya waktu bayi akan tumbuh dan berkembang maka bakteri yang terdapat ASI pun akan berubah salah satunya adanya bakteri Veillonella, Leptotrichia dan Prevotella yang mendominasi.

Keanekaragaman bakteri ini juga mempengaruhi kehamilan ibu. Salah satunya jika seorang ibu mengalami kelebihan berat badan saat kehamilannya maka akan cenderung memiliki keanekaragaman bakteri dalam ASI yang lebih sedikit jika dibandingkan pada ibu yang normal. Lantas, apakah bakteri yang ada dalam air susu ini adalah bakteri yang berbahaya? sampai saat ini para ilmuwan masih menyelidikinya.

So, meski bakteri dalam ASI ada yang “baik” sebaiknya kebersihan harus tetap terjaga agar tidak kalah oleh bakteri yang buruk.

 

From → ASI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: