Skip to content

Warna Warni ASI

August 22, 2013
warna warni asi1

warna ASI bisa dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi

Taukah ibu ? waktu kita mulai memompa, ASI akan terlihat berwarna kebiru-biruan saat mulai mengalir dalam botol yang kita gunakan.

Mengapa demikian? ini dikarenakan kandungan ASI memiliki lemak yang rendah dan sang ahli menyebutnya dengan foremilk.

Dari foremilk ke hindmilk akan meningkatkan kandungan lemak. Air susu yang awalnya berwarna putih kebiru-biruan akan berubah menjadi creem dan putih.

Bila kita mengkonsumsi suplemen gizi, herbal dan obat-obatan akan mengubah warna ASI menjadi pink, oranye, merah, coklat, hijau bahkan hitam. Sedangkan pada bayi zat aditif ini akan terlihat pada urin yang ia keluarkan dan fesesnya. Seperti apa warna dan makanan yang dikonsumsi?

Kebiru-biruan

Saat mulai memompa dalam botol memang ASI akan berwarna putih kebiruan, ini disebabkan kadar lemak yang rendah saat kita mulai mengeluarkan ASI di awal kemunculannya. Warna ASI seperti ini identik dengan sebutan foremilk.

Putih creem, kekuningan

Beberapa saat setelah kemunculan foromilk warna ASI akan berubah menjadi putih creem dengan kondisi yang kental dan memiliki kadar lemak yang tinggi. ASI ini biasa disebut dengan hindmilk.

Kuning bening

Di awal pertama kita menyusui warna ASI cendrung bening berwarna kuning disebut dengan colostrum. Warna bening ini karena kandungan lipit dan β-karoten yang tinggi.

Kehijauan

Susu berwarna hijau dapat diproduksi setelah mengkonsumsi makanan hijau atau makanan yang mengandung pewarna hijau. Seperti minuman berwarna hijau, bayam, rumput laut, dan mengkonsumsi suplemen, dan herbal yang bisa mengubah warna ASI menjadi hijau.

Pink, Orange, Merah

ASI berubah warna apabila makanan mengkonsumsi makanan yang mengandung pewarna makanan seperti soda jeruk, keripik dengan warna merah. Jika tidak diimbangi makanan lain maka warna ASI akan berwarna pink bahkan merah. Sedangkan warna oranye bisa ditimbulkan oleh wortel yang kita konsumsi secara terus menerus dan pewarna makanan yang berwarna kuning atau oranye.

Warna pink pada ASI bisa juga disebabkan adanya luka pada saluran payudara atau sumbatan hingga menyebabkan berdarah dan bercampur dengan ASI. Apabila menemukan kasus seperti ini maka segeralah berkonsultasi ke dokter.

Hitam kehitaman 

Jika sampai terjadi kehitaman pada ASI maka bersegeralah hubungi dokter yang bisa menangani karena warna hitam pada ASI bisa disebabkan dengan minocycline antibiotik (Minocin) yang kita konsumsi.

Karena penggunaan minocin ini tidak akan dianjurkan bagi ibu yang menyusui dan bisa menyebabkan penggelapan pada kulit. Jika memang dokter memberikan resep tersebut dalam kondisi tertentu kita bisa memberikan keterangan bahwa kita sedang menyusui.

Baca juga :

komposisi foremilk dan hindmilk

perubahan asi

perlukah suplemen untuk meningkatkan asi

melihat lebih dekat tentang asi

dua bagian pada asi

kandungan dalam kolostrum

About these ads

From → ASI

One Comment

Trackbacks & Pingbacks

  1. Warna Pink Pada ASI | olalababies

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 383 other followers

%d bloggers like this: